Adu Kreativitas di 5 Kompetisi Internasional Desain Bergengsi untuk Pelajar dan Profesional Muda

Coba ikuti kompetisi internasional, lihat seberapa jauh karyamu diakui dunia.

Jangan hanya jagoan di sekolah/kampus sendiri, sesekali cek ombak ke internasional dong…

Ikut kompetisi bukan berarti kamu haus kejayaan dan pengakuan semata ya, tetapi juga untuk mengasah kemampuan, skill, dan pengembangan portofolio.

Jika kamu coba googling, sudah banyak kompetisi desain internasional dibuka untuk peserta individu. Bingung?

BACA JUGA: Akun Inspirasi sukses portofolio di media sosial

Nah, disini ada rekomendasi beberapa kompetisi desain bagi individu yang cukup bergengsi dan rutin diadakan setiap tahunnya (biasanya di awal tahun).

Misalnya tahun ini terlewatkan, kamu masih bisa coba tahun depan. Yuk ah!

Adobe Design Achievement Award

Siapa yang tidak kenal Adobedan perangkat lunak desain kreatifnya?

Tapi tahukah kamu bahwa setiap tahunnya Adobe menyelenggarakan kompetisi desain? Iya, mereka mengadakan kompetisi untuk mendukung dan apresiasi para desainer muda dan pemula, namanya Adobe Design Achievement Award atau Adobe Award.

Siapa yang bisa mengikuti? Kreator muda dan pengguna perangkat lunak Adobe, usia 18tahun+ dan bukan profesional atau sudah berkarir.

Pemenangnya dapat apa? Di sini menyebutnya sebagai “top talent” untuk setiap kategori berhak atas:

  • Langganan Adobe CC selama 1 tahun
  • Sertifikat
  • Badge digital yang bisa dipajang di linkedin dan platform sosial media lainnya
  • Website feature/dipajang secara khusus di situs
  • Creative residency, intinya jika kamu memenuhi persyaratan maka bisa mendapat pertimbangan khusus untuk masuk dalam Adobe residency program.

BACA JUGA: 4 Tips Sukses Ujian ACA

Top talent akan banyak mendapat exposure, sesuai dengan tema dari Adobe Award, selain apresiasi tapi mereka juga ingin memberikan dukungan dan sedikit dorongan ekstra bagi desainer muda untuk memulai karirnya.

Kategori yang dikompetisikan apa saja? Ada 6 kategori: ilustrasi, fotografi, video, print/graphics, digital products+experiences, motion graphics+animation.

Baca juga: Contek Warna ala Adobe Color CC

Cara mendaftar? Registration, submission atau hasil karya dikumpulkan melalui situs Behance.

Disana kamu juga harus melengkapi informasi termasuk perangkat Adobe yang digunakan dalam pembuatan karyamu. Detailnya bisa baca lebih lanjut klik disini yaa

Penguin Random House Student Design 2020

Mungkin kamu tinggal di gua atau memang tidak suka baca buku sehingga tidak kenal penerbit buku Penguin Random House.

Singkatnya, Penguin Random House ini adalah salah satu grup penerbit berbasis di Inggris yang berdiri dari tahun 1800an. Terkenal dengan buku fiksi anak, sastra klasik, fiksi populer, dan juga nonfiksi terkemuka di dunia.

Dan setiap tahunnya penerbit ini mengadakan sayembara bagi student/pelajar atau mahasiswa untuk desain cover buku-bukunya, Student Design Award. Cocok nih untuk penggiat desain grafis dan ilustrasi!

Baca juga: 7 Workshop Kreatif di Akhir Pekan

Siapa yang bisa ikut serta? Sesuai judul kompetisinya, yang berhak ikut serta adalah student, pelajar atau mahasiswa, berusia setidaknya 18tahun per bulan Juli di tahun yang sama.

Hadiahnya apa? Selain iming-iming hadiah senilai 1.000 Poundsterling, dan si pemenang akan berkesempatan bekerja sebagai intern di kantor pusat Penguin Random House di Inggris— oleh karenanya peserta juga harus memenuhi kriteria untuk berangkat dan bekerja ke Inggris.

Apa saja kategorinya? Ada 3 kategori sesuai dengan jumlah buku yang membutuhkan desain cover: Adult fiction, Adult Non fiction, Children’s book.

Baca juga: Pahami spek Bahasa Inggris, Menyelamatkan hasil cetak dan ujian InDesignmu.

Bagaimana cara mendaftar? Pendaftaran dan submission dilakukan secara online di laman khusus yang berisi brief dan formulir untuk registrasi dan mengumpulkan hasil karya. Pengumpulan desain berupa PDF sesuai dengan spesifikasi brief/design template yang diberikan.

IIDA Student Competition

IIDA adalah Commercial Interior Design Association (asosiasi desainer interior professional internasional berbasis di AS), yang setiap tahun mengadakan kompetisi bagi pelajar/mahasiswa, baik yang masih belajar maupun yang baru lulus.

Siapa yang bisa ikut serta? Semua student/mahasiswa yang menuntut ilmu di pendidikan tinggi bidang interior desain. Mereka membuka kesempatan bagi individu maupun tim (maks 5 orang) untuk mendaftar.

Hadiahnya? Mereka akan memilih 3 pemenang, yang akan memperoleh $2.500, $1.500 dan $750.

Kategorinya apa saja? Tidak ada kategori yang spesifik, tetapi sesuai dengan asosiasinya yang fokus pada desain interior ruang publik dan komersial, jadi tidak hanya mengutamakan estetika semata.

Baca juga: 6 Hal Wajib dalam Design Brief

Bagaimana cara mendaftar? Registraton dan submission dapat dilakukan secara online di microsite yang sudah disediakan. Baca design brief-nya dengan seksama ya…

D&AD New Blood Award

D&AD adalah asosiasi desain dan periklanan/advertising nonprofit yang merupakan komunitas profesional/pekerja industri kreatif yang ada semenjak tahun 1962. Kegiatan komunitas ini beragam mulai dari pendidikan/training, kompetisi, diskusi komunitas.

Baca juga: Hybrid Designer Menjawab Tantangan Era Digital

Setiap tahunnya D&AD mengadakan kompetisi desain dan advertising bagi yang masih belajar (students) atau baru lulus/pemula, namanya D&AD New Blood Award.

Hasil karya design/campaign peserta akan dikompetisikan berdasarakan design brief yang diberikan langsung oleh Brand/perusahaan.

Untuk tahun 2020 sudah terpampang brief dari Nike, Twitter, TeenVogue, Intel, Lego, BurgerKing, Barclay, dan masih banyak lagi. Para peserta bebas untuk memilih design brief yang mana yang ingin diikuti.

BACA JUGA: 3 Jurus Kembalikan Kreativitasmu

Syarat jadi peserta? Peserta yang termasuk kategori student harus berstatus mahasiswa di salah satu lembaga pendidikan tinggi resmi.

Selebihnya, mereka membuka kesempatan kepada siapapun berusia setidaknya 18 tahun yang tidak bekerja di industri kreatif setidaknya selama 6 bulan boleh turut serta, bahkan tidak ada batasan usia maksimal.

Peserta akan diminta membayar submission fee 20 poundstering per karya /entry. Bisa mendaftar sebagai individu maupun tim.

Hadiahnya? D&AD sendiri akan memberikan penghargaan yang mereka sebut “Pencil” (ada 5 tingkatan), sertifikat, membership asosiasi D&AD, diundang di acara D&AD Award, serta kesempatan beasiswa.

Untuk hadiah lain berupa uang/materi bisa berbeda-beda untuk setiap brief-nya. Unik ya!

The Young Ones

Organisasi Nirlaba The One Club for Creativity sudah 30 tahun mengadakan kompetisi kreatif untuk mendukung students dan pemula di bidang periklanan, komunikasi digital, dan desain melalui kompetisi tahunan The Young Ones Student Award.

Siapa saja yang bisa daftar? Semua yang berstatus students (pelajar/mahasiswa) di suatu lembaga pendidikan resmi bisa ikut serta, batas usia setidaknya 18 tahun. Untuk beberapa kategori kompetisi disarankan peserta dalam bentuk tim.

Dan untuk mendaftar kamu akan diminta untuk membayar submission fee sebesar $45 untuk setiap karya atau program yang dikumpulkan.

Apa saja kategorinya? Kompetisi ini memiliki kategori yang unik. Ada tiga macam kompetisi yang bisa diikuti:

  • Young Ones Brief Award – peserta akan diminta membuat karya sesuai dengan design brief dari organisasi/perusahaan/brand
  • Young Ones Portfolio – peserta diminta mengumpulkan hasil karya terbaiknya yang termasuk dalam kelompok kategori berikut: advertising, animation and visual effect, fotografi, TV/film/video, graphic design, illustration, web design/interactive/UI
  • Young Ones ADC Award – peserta dapat mengumpulkan proyek mereka dalam setidaknya 10 kategori disiplin ilmu, mulai dari fashion design hingga brand communication.

Apa hadiahnya? Pemenang setiap kategori akan menerima thropy dan sertifikat, serta menjadi member The One Club selama setahun.

Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.