Academy

4 Hal yang Wajib Diketahui tentang Ujian ACA di Indonesia

Ditengah berlimpahnya informasi yang tersedia tentang Adobe Certified Associate/ ACA di laman-laman berbahasa Inggris, bagaimanakah memvalidasi informasi yang tepat untuk ujian ACA ini?

Bagaimanakah mendapat informasi yang tepat tentang  ujian ACA?

austin-chan-275638

Dikala semua informasi tentang Adobe Certified Associate/ ACA masih terbilang misterus karena sumber informasi yang tersedia saat ini kebanyakan luar negeri, atau berbahasa Inggris.

Disini kami intisarikan informasi inti yang harus kamu ketahui tentang ACA.

1.  Adobe Certified Associate (ACA) di Indonesia

Penyelenggaraan ujian ACA di Indonesia mengikuti standar yang ditentukan oleh Certiport, selaku lembaga pusat penyelenggara sertifikasi internasional, yaitu pelatihan dan ujian hanya boleh dilaksanakan oleh lembaga yang terotorisasi/resmi dari Certiport, atau dikenal dengan Authorised Training Center (ATC).

aca adobe

Sekarang di Indonesia ada perpanjangan tangan Certiport, namanya IC Bridge yang bekerja sama dengan lembaga pendidikan tinggi di berbagai kota.

BACA JUGA: Kenapa Perlu Sertifikasi Keahlian?

Dalam praktiknya ada 2 jalur yang biasa ditempuh untuk mendaftar ke ATC:

  1. Yang paling umum adalah jalur lembaga pendidikan. Hal ini biasanya terjadi kerjasama antar lembaga, ATC dan lembaga pendidikan, dan dimungkinkan bagi yang terafiliasi dengan lembaga pendidikan baik sebagai siswa/mahasiswa/tenaga pengajar.
  2. Yang tidak terlalu disarankan adalah “jalur indipenden” atau mendaftarkan diri langsung ke ATC terdekat. Jalur ini tidak terlalu disarankan, biasanya ATC  memiliki jumlah peserta minimal untuk dapat menyelenggarakan kelas atau ujian. Misal, hanya kamu yang mendaftar maka kemungkinan ATC akan menunda hingga jumlah pesertanya cukup.

2. Peran Lembaga Penyelenggara Ujian Resmi / ATC

Peran utama dari lembaga pelatihan dan penyelenggara ujian resmi /ATC adalah memfasilitasi dan menyelenggarakan pelatihan dan ujian sesuai ketentuan dan standar Certiport.

work-1001043_640

Intinya, ATC inilah yang berhak memvalidasi bahwa ujian yang ditempuh dan skor yang kamu raih itu sah, demikian adanya dan sesuai ketentuan.

Semua  ATC terdaftar di laman resmi Certiport dan IC Bridge, silakan cek langsung di laman Certiport ATC locator dan kerjasama IC Bridge di kotamu.

screen-shot-2016-11-22-at-4-37-21-pm

3. Persiapan Ujian

Persiapan sebelum mengikuti ujian ACA sangat penting, dan sekali lagi kamu bisa tempuh dengan program pelatihan atau belajar mandiri.

nesa-by-makers-736784-unsplash

Program pelatihan biasanya diadakan oleh lembaga atau institusi pendidikan yang menjadi Certiport Autorized Training Center (ATC). Idealnya program pelatihan ini diadakan sesuai  kurikulum pelatihan Adobe oleh pelatih bersertifikasi, tapi ada juga pelatihan/training sehari yang bersifat sebagai refreshment training.

Dengan catatan, Refreshment training TIDAK dianjurkan untuk peserta yang belum ada pengalaman kerja atau menggunakan software Adobe kurang dari 3 tahun.

 

stefan-stefancik-257625-unsplash

Belajar mandiri menuntut kamu (walaupun sudah berpengalaman menggunakan software ini) untuk rajin browsing/mencari info ttg ujian ACA, latihan, dan membaca.

Sebelum ujian, kamu harus membaca dan memahami kerangka ujian (exam objectives) dan panduan ujian sudah disediakan Adobe. Kerangka ujian dan panduan ujian dapat diakses di situs resmi Adobe dan Certiport.

human-723579_640

 

4. Kode Verifikasi Kelulusan. PENTING!

Verify code ACA adalah kode unik yang diberikan kepada peserta yang lulus ujian sertifikasi, dicantumkan di sertifikat (baik yang versi print maupun digital).

ACA certificate

Verify code ini sangat penting karena merupakan identitas dan bukti kelulusan peserta, hanya dimiliki peserta yang sudah lulus ujian Adobe Certified Associate (ACA).
Kode ini tercatat dan dapat dicek secara online oleh siapa saja di website Certiport Global Credential Verification.

certiport aca

BACA JUGA: Eksis dengan 4 Situs Galeri Portofolio Online

Semoga bermanfaat!

Iklan

4 komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.