Academy

Kenapa Perlu Sertifikasi Keahlian?

Naaah, ini pertanyaan-pertanyaan klise dan sering banget ditemui tentang Adobe Certified Associate: Kenapa harus ujian sertifikasi setelah sekian lama berpengalaman pakai Adobe Photoshop? Apakah sertifikasi Adobe diperlukan untuk mencari pekerjaan?

Kenapa harus ujian sertifikasi setelah sekian lama berpengalaman pakai Adobe Photoshop? Apakah sertifikasi Adobe diperlukan untuk mencari pekerjaan?

Apa keuntungannya bagi saya?

Naaah, itu pertanyaan-pertanyaan klise dan sering banget ditemui tentang Adobe Certified Associate. Kalau boleh mengeluh ya: aduh coba deh, udah tahun 2016 nih, coba dipikirkan dan jawab sendiri pertanyaan-pertanyaan ini…

cat-98359_640.jpg

Siapa sih yang tidak kenal Adobe Photoshop? Jangan ngaku anak kreatif kalau belum pernah menjajal Adobe Photoshop.

Bukannya takabur tapi Adobe Photoshop memang menjadi perangkat lunak andalan dan penting dalam produksi materi atau konten kreatif yang berupa foto atau gambar.

Mulai dari input, editing, praproduksi, pasca produksi (post production) hingga outputnya.

adult-1986108_640

Oke, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan cliche tadi, kalau sudah banyak yang pakai, berpengalaman dan mahir menggunakan Adobe Photoshop, kenapa harus ujian sertifikasi?

BACA JUGA: 4 Hal yang Wajib Diketahui tentang Ujian ACA di Indonesia

Mari kita lihat ini dari kacamata pelaku usaha/perusahaaan/perekrut tenaga kerja, analogikan kemampuan atau kemahiran seseorang menggunakan Adobe Photoshop sama dengan kemampuan dalam teknik pertukangan…

brush-1034901_640.jpg

Pernahkan kamu terpikirkan hal-hal berikut?

Bagaimanakah para pelaku usaha atau perekrut tenaga kerja dapat yakin akan kemampuan atau kemahiran kamu dalam teknik pertukangan?

Apakah perlu mempraktikan cara nge-floor, mencat menggunakan berbagai peralatan? Menunjukkan  proyek bangunan yang pernah dikerjakan, eerr….terutama bagian temboknya, ya? – semua kelihatan sama saja di mata awam

Bagaimana standardisasinya? – Ingat, pelaku usaha atau tenaga perekrutan kebanyakan awam di bidang ini, so how do they know that your skill good enough or not?

stormtrooper-1343877_640

Bagaimana kamu menjawab pertanyaan-pertanyaan tadi? Apa yang dilakukan hingga mereka bersedia memberikan kesempatan bekerja?

Sertifikasi Keahlian mungkin bukan menjadi jaminan mutlak akan keberhasilan kamu di dunia industri kelak. Tapi, Sudahkah kamu mempersiapkan dan membekali  diri di era globalisasi dan Masyarakat Ekonomi ASEAN /MEA ini?

Coba pikirkan kembali pertanyaan-pertanyaan tadi ya manteman 🙂

Semoga bermanfaat!

BACA JUGA: Adobe Certified Associate 101

6 komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: