10 Design Tools Bertenaga Artificial Intelligence (AI)

Sudah kenalan belum sama design tools berbasis AI terkini? Jangan-jangan kamu sudah pakai juga?

Jagat seni dan desain agak terguncang ketika bermunculan karya seni dan desain grafis yang dibuat oleh design tools berbasis AI (artificial intelligence), beberapa bahkan memperoleh penghargaan atau menang kompetisi.

Photo by Alex Knight on Pexels.com

Beberapa contoh alat desain bertenaga AI yang menunjukkan beragam aplikasi dan kemampuan AI di bidang desain:

  1. Adobe Sensei
  2. Canva
  3. Frame X
  4. Sketch2React
  5. Autodesk Dreamcatcher
  6. SketchAR
  7. DeepArt.io
  8. DesignHill Logo Maker
  9. UXPin
  10. Coolors

Daripada buru-buru antipati dan skeptis, lebih baik kenalan dulu. Ini dia 10 design tools berbasis AI yang sedang populer (per Juli 2023). Yuk ah!

Adobe Sensei

Adobe sensei adalah kerangka kerja pembelajaran mesin yang terintegrasi ke aplikasi Adobe CC seperti Photoshop, Ilustrator, dan InDesign.

Photo by cottonbro studio on Pexels.com

Ini menyediakan fitur-fitur seperti content-aware filling, warna otomatis, pencocokan font, dan seleksi objek (smart object selection) untuk meningkatkan efektivitas dan alur kerja desain.

Canva

Siapa yang tidak kenal Canva? Ya, Canva menggabungkan algoritma ai untuk menyederhanakan dan membantu proses desain bagi pengguna, terutama yang non-designer. Jadi secara “tidak sadar” pengguna Canva sudah menggunakan AI dalam proses desainnya.

Contohnya, disini Canva menawarkan banyak sekali template pra-desain, otomatisasi pengubahan ukuran gambar (resizing), tata letak pintar, dan bahkan saran desain berdasarkan preferensi penggunanya.

Framer X

Framer X adalah alat pembuat prototip website yang mempekerjakan ai untuk menghasilkan snippet kode dan komponen desain. Terdapat fitur design tool berbasis AI yang disebut ‘Stitches’ untuk membantu desainer menciptakan elemen desain yang konsisten dan dapat digunakan kembali.

Harga: mulai dari USD5/bulan

Autodesk Dreamcatcher

Design tool dari Autodesk ini menggunakan algoritma ai untuk mengeksplorasi dan mengoptimasi opsi desain berdasarkan batasan dan definisi yang diberikan oleh si pengguna —sehingga Dreamcatcher akan menghasilkan solusi efisien dan inovatif untuk berbagai industri seperti arsitektur, otomotif, dan desain produk.

Sketch2react

Sebuah design tool bertenaga AI yang memungkinkan perancang/desainer untuk mengubah sebuah sketsa desain menjadi prototipe interaktif, lengkap dengan pembuatan kode.

Sketch2react mengurangi kebutuhan untuk coding manual. Design tool ini menganalisis desain dan otomatis menghasilkan html, css, dan mereaksikan kode snippet.

Harga: Ada produk free dan berbayar per desain.

DeepArt.io

Perangkat lunak berbasis online yang menggunakan algoritma deep learning untuk mengubah gambar menjadi gaya artistik menyerupai seniman terkenal atau gerakan seni tertentu.

Hal ini memungkinkan desainer untuk menghasilkan elemen desain unik dan kreatif dengan menerapkan transfer gaya seni dengan bantuan AI.

Deep Art bukan sekedar menempatkan filter pada foto, tetapi menciptakan karya seni unik darinya menggunakan kecerdasan buatan menggunakan berbagai teknologi AI.

Sayangnya per Juli 2023 ini situs deepart.io sedang tidak bisa diakses. Sebagai alternatifnya ada design tools lain yang menawarkan hal yang serupa:

  • Plundr
  • IOGraph
  • pikazo
  • deepdreamgenerator.com
  • obvious-art.com
  • aiwritinggenerator.com
  • instapainting.com

DesignHill Logo Maker

Platform berbasis online yang membantu pengguna menciptakan beragam logo profesional dalam waktu singkat.

Design tools ini menggunakan machine learning algoritma untuk menganalisis pengguna masukan dan menghasilkan pilihan berdasarkan informasi yang diberikan tentang gaya logo, warna, dan simbol.

Harga: Mulai dari USD 249 untuk 20+ rancangan logo

UXPin

UXpin adalah sebuah platform yang membantu desainer dalam menciptakan dan merancang pengalaman pengguna yang intuitif dengan menggunakan teknologi AI.

Fitur yang paling diminati pengguna adalah merancang sistem, membuat prototip interaktif, dan dokumentasi desain yang cerdas untuk merampingkan proses perancangan UX.

Harga: Mulai dari USD 14.5/bulan (ada free trial selama 3 bulan)

Coolors

Design tool yang menghasilkan color pallette dengan mempekerjakan AI untuk menyarankan kombinasi warna harmonis.

Photo by Ron Lach on Pexels.com

Hal ini memungkinkan desainer untuk mengeksplorasi dan menciptakan estetis skema warna berdasarkan prestasi preferensi persyaratan desain tertentu.

Yang paling keren platform ini dapat diakses via andriod atau apple, atau berupa extention untuk Chrome, Figma bahkan Adobe!

Harga: FREE (jika ingin fitur tambahan ada versi PRO)

Photo by Markus Spiske on Pexels.com

Seiring kemajuan teknologi AI, kita dapat mengharapkan inovasi lebih lanjut dan integrasi AI ke dalam berbagai alat dan platform desain.

Kamu eksplorasi lebih lanjut di situs https://creativitywith.ai/

Semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.