Selangkah Menuju Microsoft & Adobe World Championship 2022

Adobe Certified Professional National Championship merupakan perlombaan yang diselenggarakan setiap tahun oleh MyEduSolve sejak tahun 2019. Melalui kompetisi ini, kita berkesempatan untuk melihat talenta muda Indonesia yang berbakat, khususnya di bidang desain visual.

Salah satu tujuan utama dari perlombaan ini adalah untuk memilih siapakah yang akan mewakili Indonesia di Adobe Certified Professional World Championship 2022. Kejuaraan dunia tahun ini diadakan oleh Certiport secara on-site di California, Amerika Serikat pada 24-27 Juli mendatang.

MyEduSolve merupakan perusahaan di bidang teknologi pendidikan yang berfokus untuk meningkatkan kemampuan literasi digital masyarakat Indonesia melalui sertifikasi internasional. Menyelenggarakan lomba nasional Microsoft & Adobe merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan visi tersebut.

Apa itu Microsoft Office Specialist (MOS) & Adobe Certified Professional National Championship?

Pandemi tidak menghalangi semangat para pemuda di Indonesia untuk membuktikan kemampuan mereka dalam mengoperasikan Microsoft Office dan di bidang desain grafis, terutama dalam menggunakan perangkat lunak Adobe. Juara 1 dari setiap kategori lomba akan mewakili Indonesia dalam Microsoft & Adobe World Championship yang akan diselenggarakan oleh Certiport secara langsung di California, Amerika Serikat pada 24-27  Juli 2022.

Pada mata lomba Microsoft Office Specialist National Championship, ada tiga kategori berbeda yang tersedia, yaitu Word, Excel, dan Power Point. Peserta nantinya hanya akan berkompetisi dalam satu babak, yaitu babak pengerjaan ujian sertifikasi dalam waktu 60 menit. Juara 1, 2, dan 3 akan dipilih berdasarkan skor tertinggi dan tercepat.

Sedangkan pada lomba Adobe Certified Professional National Championship, akan terdapat dua babak yang terdiri dari babak penyisihan dan final. Pada babak penyisihan, peserta akan diberi waktu selama 6 jam untuk membuat desain sesuai dengan design brief yang diberikan oleh client non-profit. Setelah itu, sebanyak 30 finalis akan dipilih untuk mempresentasikan karyanya di hadapan para juri.

Penjurian di Babak Final Lomba Adobe

Terdapat tiga juri dari berbagai latar belakang berbeda yang memberikan penilaian kepada seluruh karya para Grand Finalists mata lomba Adobe, mulai dari para profesional di industri desain hingga perwakilan juri dari client non profit tahun ini, yaitu Hoshizora Foundation.

Ketiga juri yang menilai karya peserta di antaranya adalah Lia Sidik (Branding and Design Consultant, pengelola lia s. Associates Branding & Design), Adi Nugroho Setya Atmojo (Design Consultant, Founder dari Desainerhaus) dan Bernard Budiman (Head of Communication Division di Hoshizora Foundation).

Perlombaan nasional ini selain berperan sebagai ajang pembuktian bagi para talenta muda Indonesia untuk dapat bersaing di tingkat dunia, tetapi juga sebagai pengingat bahwa penting bagi kita untuk meningkatkan kompetensi diri di tengah kebutuhan talenta digital yang semakin tinggi.

Ini Dia Perwakilan Indonesia untuk MOS & Adobe World Championship 2022

Acara puncak kejuaraan nasional tahun ini digelar dalam rangkaian acara virtual selama tiga hari selama tanggal 25-27 Maret 2022. Kejuaraan nasional tahun ini secara resmi didukung oleh Saud P. Krisnawan selaku Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Los Angeles, Certiport dan Microsoft Indonesia selaku sponsor utama. Acara pembukaan dihadiri oleh Stephanie Seputra selaku CEO MyEduSolve, Setiyo Agustiono selaku Manager Tekno Sains Academy, Obert Hoseanto selaku Learning and Skills Specialist Microsoft Indonesia, Yudi Anwar selaku Direktur Eksekutif Hoshizora Foundation.

Empat perwakilan Indonesia yang akan melanjutkan kompetisi di kejuaran tingkat dunia di antaranya adalah:

  1. Ardy Herdiansyah – Institut Pendidikan Indonesia (Juara 1 Microsoft Word 2019)
  2. Ni Wayan Asa Senjayani – UPN Veteran Yogyakarta (Juara 1 Microsoft PowerPoint 2019)
  3. Heero Ramadhana Sipayung – SMA Pradita Dirgantara (Juara 1 Microsoft Excel 2019)
  4. Xixilia Sunaryo – Universitas Sumatera Utara (Juara 1 Adobe Certified Professional)

Keempat perwakilan Indonesia akan difasilitasi pendampingan dan mentorship oleh MyEduSolve selama bulan April-Juli agar dapat memiliki persiapan yang maksimal saat bertanding di Microsoft & Adobe World Championship mendatang.

Peningkatan kompetensi tersebut dapat kita upayakan salah satunya melalui sertifikasi internasional. Semoga kedepannya akan ada lebih banyak talenta muda Indonesia yang terus termotivasi untuk mewujudkan impian masa depannya!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.